Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengembangan Laboratory Work dengan Problem Solving Approach untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Gayatri, Jimny
dc.date.accessioned 2018-02-13T09:07:37Z
dc.date.available 2018-02-13T09:07:37Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2540
dc.description.abstract Telah dilakukan penelitian pengembangan laboratory work dengan problem solving approach untuk mengoptimalkan domain kognitif pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research & Development). Sebagai subjek uji coba terbatas dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA-2 SMAN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan metode angket. Berdasarkan analisis data validasi dari empat validator yaitu dosen ahli dan guru fisika diperoleh rata-rata total skor unuk validasi RPP laboratory work sebesar 88 dengan precentage agreement 93,98 %. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas RPP laboratory work termasuk dalam kategori sangat baik dan Reliabel. Rerata total skor validasi panduan laboratory work sebesar 40,75 dengan precentage agreement 92,04 % termasuk dalam kategori baik dan reliabel serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran setelah dilakukan sedikit revisi. Keterlaksanaan pembelajaran selama dua kali pertemuan oleh dua observer diperoleh rerata skor sebesar 55,25 dengan precentage agreement 98,44 %, termasuk kategori baik dan reliabel. Respon siswa terhadap panduan laboratory work yang dikembangkan adalah sangat setuju dengan skor total 1282 sehingga dapat diartikan bahwa Panduan laboratory work yang dikembangkan menarik dan dapat mengoptimalkan domain kognitif siswa. Panduan laboratory work yang dikembangkan mampu mengoptimalkan domain kognitif pada siswa kelas XI IPA dengan kategori baik. Hal ini didasarkan pada rerata skor jawaban pada panduan laboratory work sebesar 912,5 dan rata-rata kelas pada hasil post-test domain kognitif sebesar 79,04 yang telah melebihi batas KKM. Berdasarkan hal di atas, laboratory work dengan problem solving approach untuk mengoptimalkan domain kognitif siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat di kategorikan layak dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran fisika. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject laboratory work, problem solving approach, domain kognitif en_US
dc.title Pengembangan Laboratory Work dengan Problem Solving Approach untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account