Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MOTIVASI BERKOPERASI DAN PELAYANAN KOPERASI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI PENGURUS KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Ariyanto, Amat
dc.date.accessioned 2018-02-13T09:08:11Z
dc.date.available 2018-02-13T09:08:11Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2541
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi terhadap minat mahasiswa menjadi pengurus koperasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilakukan pada bulan April tahun 2013. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi terhadap minat mahasiswa terhadap minat menjadi pengurus koperasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 orang. Berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan tertentu, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan taraf kesalahan 5% adalah 23 orang. Berdasarkan uji validitas variabel motivasi berkoperasi, pelayanan koperasi, dan minat mahasiswa menjadi pengurus terdapat 10 soal yang valid dan tidak satupun yang gugur. Berdasarkan uji reliabilitas motivasi berkoperasi mempunyai nilai alpha 0,916, variabel pelayanan koperasi 0,983, dan variabel minat menjadi pengurus 0,952. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang di isi oleh responden. Teknik pengambilan sampel dengan sistem random sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan uji parsial (uji t). Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi berkoperasi berada pada kategori cukup yaitu 52,18%, pelayanan koperasi berada pada kategori cukup yaitu 52,18%, dan minat menjadi pengurus berada cukup yaitu sebanyak 56,53%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa motivasi berkoperasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi pengurus sebesar 25,40% dengan (𝑟𝑥1𝑦 =0,493 dan sig 0,254 < 0,05). Pelayanan koperasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi pengurus sebesar 40,06% dengan (𝑟𝑥2𝑦 = 0,548 dan sig 0,002 < 0,05), dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa menjadi pengurus sebesar 47,50%, dengan F= 9,090 dan sig 0,002 < 0,05, harga 𝑅2 = 0,475. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject :motivasi, pelayanan, minatdan koperasi en_US
dc.title PENGARUH MOTIVASI BERKOPERASI DAN PELAYANAN KOPERASI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI PENGURUS KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account