Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH SIKAP BELAJAR, FASILITAS DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MAN PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Wulansari, Diah
dc.date.accessioned 2018-02-13T09:10:38Z
dc.date.available 2018-02-13T09:10:38Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2543
dc.description.abstract MAN Purworejo, (4) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 75 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan analisis dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap belajar berada pada kategori baik yaitu 42,7%, fasilitas pada kategori baik yaitu 45,3%, kinerja guru pada kategori cukup baik yaitu 49,3%, dan prestasi belajar ekonomi pada kategori cukup baik yaitu 56%. Dan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel sikap belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,753; sig. 0,007<0,05 dan besar pengaruh sebesar 9,6%, (2) variabel fasilitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,669; sig. 0,009<0,05 dan besar pengaruh sebesar 9,1%, (3) variabel kinerja guru memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,559; sig. 0,013<0,05 dan besar pengaruh sebesar 8,4%, (4) variabel sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, (R) sebesar 0,469 (F= 6,689; sig. 0,000<0,05) adjusted R square sebesar 0,187 yang berarti bahwa pengaruh sikap belajar, fasilitas dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 18,7% dan sisanya 81,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 93,959 + 0,290 X1 + 0,266 X2 + 0,265 X3 en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Sikap Belajar, Fasilitas, Kinerja Guru, Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH SIKAP BELAJAR, FASILITAS DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MAN PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account