Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua baik
secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa
kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun hipotesis dari
penelitian ini : “ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar
dan perhatian orang tua baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap
prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran
2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 30
Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian
ini berjumlah 123 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Isaac and Michael dengan
taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik
random atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang
diisi oleh responden. Data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar pada
kategori baik yaitu 41,5%, perhatian orang tua pada kategori sangat baik yaitu 39%,
dan prestasi belajar IPS pada kategori cukup baik yaitu 62,6%. Dari hasil analisis
kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel kedisiplinan belajar memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (r=0,399, thitung
4,766; sig.0,000<0,05) dan besar pengaruh sebesar 15,9% (r²=0,159). (2) variabel
perhatian orang tua memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar siswa (r=0,233, thitung 2,625; sig.0,010<0,05) dan besar pengaruh 5,4%
(0,054), (3) variabel kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua secara bersamasama
memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS
siswa, (R=0,445, F= 14,835; sig. 0,000< 0,05) dan besarnya pengaruh 19,8%
(R²=0,198) dan sisanya 80,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Persamaan regresi Y= 58,033+ 0,371X₁ + 0,193X₂