Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 30 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Nurdiana, Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-13T09:13:57Z
dc.date.available 2018-02-13T09:13:57Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2545
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun hipotesis dari penelitian ini : “ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 183 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 123 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang diisi oleh responden. Data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar pada kategori baik yaitu 41,5%, perhatian orang tua pada kategori sangat baik yaitu 39%, dan prestasi belajar IPS pada kategori cukup baik yaitu 62,6%. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel kedisiplinan belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (r=0,399, thitung 4,766; sig.0,000<0,05) dan besar pengaruh sebesar 15,9% (r²=0,159). (2) variabel perhatian orang tua memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (r=0,233, thitung 2,625; sig.0,010<0,05) dan besar pengaruh 5,4% (0,054), (3) variabel kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua secara bersamasama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa, (R=0,445, F= 14,835; sig. 0,000< 0,05) dan besarnya pengaruh 19,8% (R²=0,198) dan sisanya 80,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 58,033+ 0,371X₁ + 0,193X₂ en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Kedisiplinan Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi belajar. en_US
dc.title PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 30 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account