Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode dialog pada mata pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode dialog secara bersama-sama pada mata pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa.
Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 90 siswa diambil sampel 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Dari analisis deskriptif diperoleh hasil Penggunaan Metode ceramah termasuk dalam kategori cukup yakni sebesar 53%. Metode Dialog berada pada kategori cukup yakni sebesar 31%. dan hasil belajar siswa termasuk kategori baik yakni sebesar 60%. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif diperoleh pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar sebesar 46,24% (rx1y = 0,680 dengan sig ≤0,05 dan t hitung = 7,695) artinya hipotesis diterima. Pengaruh metode dialog terhadap hasil belajar sebesar 73,45% (rx2y = 0,857 dengan sig ≤0,05 dan t hitung = 13,786) artinya hipotesis diterima. Pengaruh metode ceramah dan metode dialog secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 77,30% (R = 0,879 dengan sig ≤0,05 dan F hitung = 117,349) artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode ceramah dan metode dialog terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Besar sumbangan yang diberikan dari penggunaan metode ceramah dan metode dialog terhadap hasil belajar siswa adalah 77,30% sedangkan sebesar 22,70% merupakan sumbangan faktor lain yang tidak diteliti.