Abstract:
Telah dilakukan penelitian R&D guna mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) berbasis learning cycle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP
N 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo
Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian
R&D (Research and Development)Borg & Gallyang telah dimodifikasi. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, metode angket dan metode wawancara.
Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dengan rerata,
SPSS 16.0 dan Percentage Agreement.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) berbasis learning cycle. Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator dapat
disimpulkan bahwa kualitas Silabus mendapat skor rerata 35 ketegori sangat baik, kualitas
RPP skor rerata 68,7 kategori baik, kualitas Soalmendapat skor rerata 43,7 kategori sangat
baik dan kualitas LKS yang dikembangkan mendapat skor rerata 56 katagori sangat baik
dan layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor rerata 4,04 kategori
sangat baik. Respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan mendapat skor rerata 37,7
katagori baik. Angket aktivitas belajar terhadap proses pembelajaran mendapat skor rerata
42,5 kategori sangat baik. Observasi aktivitas belajar meningkat dari 62% menjdi 66%.
Berdasarkan kajian tersebut LKS berbasis Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa.