Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena alat peraga yang digunakan di
sekolah hanya menggunakan alat peraga yang terjual di distributor dan pengajar
belum secara konkret menciptakan alat peraga sendiri. Telah dilakukan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan ex post facto guna mengetahui pengaruh
penggunaan alat peraga berbasis lingkungan (APBL) pada materi dinamika
partikel terhadap kemampuan psikomotor P1 peserta didik kelas X SMA Negeri 1
Kutowinangun tahun pelajaran 2013/2014.
Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA
Negeri 1 Kutowinangun yang berjumlah 284. Sampel diambil menggunakan
teknik random sampling dan diperoleh sampel yang berjumlah 155. Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket alat peraga berbasis lingkungan (APBL)
dengan skala Guttman yang berjumlah 9 butir soal pertanyaan dengan indeks
reliabilitas 0,503. Uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji
independensi dilakukan sebagai uji prasyarat dan selanjutnya data diuji hipotesis
dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat
signifikan antara alat peraga berbasis lingkungan (APBL) terhadap psikomotor P1
peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kutowinangun tahun pelajaran 2013/2014
yang ditunjukkan pada koefesien determinasi R2 sebesar 0,997 dengan korelasi
positif yaitu sebesar 0,999.