Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan guna mengetahui peningkatan
kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3
Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 26 siswa
perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan
metode tes siklus. Data dianalisis dengan menghitung skor rerata dan persentase siswa
yang memenuhi skor yang telah ditentukan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada pembelajaran fisika dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman siswa SMA Negeri 3 Purworejokelas X IPA 3.
Rata-rata pemahaman fisika siswa pada tahap pra siklus adalah 57,53 dengan persentase
12,5%, meningkat menjadi 69,62 dengan persentase 53,12% setelah diberi tindakan pada
siklus I, dan meningkat kembali menjadi 81 dengan persentase 81,25% setelah diberi
tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat digunakan sebagai alternative
pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran
fisika.