Abstract:
Latar belakang dari penelitian adalah rendahnya rata-rata motivasi belajar
siswa di SMAN 2 Wonosobo yaitu 48,24%. Sehingga PTK ini bertujuan untuk
meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran
Student Facilitator And Explaining. Subyek dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas X MIA 5 SMAN 2 Wonosobo yang berisi 34 siswa terdiri atas 12 siswa
laki-laki dan 22 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan
oservasi, angket dan tes. Pengolahan data dengan tehnik Persentase. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa yang sebelumnya adalah
48,24%, meningkat menjadi 66,18% setelah diberi tindakan pada siklus I, dan
meningkat lagi menjadi 90,88% setelah diberi tindakan pada siklus II. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran
Student Facilitator And Explainingdapat digunakan untuk meningkatkan motivasi
belajar fisika siswa pada mata pelajaran fisika