dc.description.abstract |
Tujuan peneitian ini adalah (1) apakakah ada tujuan yang positif dan
signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam
Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada tujuan yang positif
dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran
ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran
2013/2014. (3) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara media
pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di
SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013 / 2014.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam
Sudirman Bruno Purworejo yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang diambil 75
siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan
data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas
belajar tergolong cukup dengan prosentase 52%, media pembelajaran dinyatakan
cukup dengan prosentase 65,34%, dan prestasi belajar tergolong rendah dengan
prosentase 54,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel
penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama
memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar
0,984 (F=1127,015; sig 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,969
yang berarti bahwa pengaruh penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran
secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 96,90% sedangkan 3,1%
depengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 67,827+
0,128X1 + 0,237X2. (2) variabel fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 3,705; sig 0,000<0,05 dan
pengaruhnya sebesar 16%. (3) variabel media pembelajaran memberikan
pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 6,611; sig.
0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 37,80%. |
en_US |