Abstract:
Telah dilakukan penelitian evaluasi model CIPP untuk menghasilkan
perangkat performance assessment (penilaian kinerja) untuk melihat ketelitian dan
kekritisan siswa pada kegiatan praktikum fisika. Subyek dari penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo yang berjumlah 20 siswa tahun pelajaran
2013/ 2014. Materi yang di aplikasikan adalah suhu dan kalor.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan
kuantitatif, sedangkan analisis data dengan Analisis Deskriptif Persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor hasil validasi oleh 3
validator sebesar 3,30 dengan kategori “baik” dan dengan sedikit revisi sesuai
saran dari validator. Rerata keterlaksanaan praktikum dengan menggunakan
teknik analisis data Deskriptif Persentase dari dua observer sebesar 94% dengan
kategori “baik”. Ketercapaian hasil performance assessment untuk melihat
ketelitian dan kekritisan yaitu sebesar 85% dengan nilai 3,40. Dengan demikian
performance assessment untuk melihat ketelitian dan kekritisan siswa kelas X
dapat digunakan sebagai alternatif penilaian kinerja pada tingkat SMA.