Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Tujuan peneitian ini adalah (1) apakakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. (3) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013 / 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang diambil 75 siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas belajar tergolong cukup dengan prosentase 52%, media pembelajaran dinyatakan cukup dengan prosentase 65,34%, dan prestasi belajar tergolong rendah dengan prosentase 54,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,984 (F=1127,015; sig 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,969 yang berarti bahwa pengaruh penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 96,90% sedangkan 3,1% depengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 67,827+ 0,128X1 + 0,237X2. (2) variabel fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 3,705; sig 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 16%. (3) variabel media pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 6,611; sig. 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 37,80%.

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Search Repository-UMP


Browse

My Account