Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan analisis
strategi SWOT dapat meningkatkan volume penjualan pada Per
Indah Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Mie Soun
Gelang Indah Cilacap.
Data yang dikumpulkan oleh peneliti dalam metode pengumpulan data ini
penyusun menggunaka
w dan dianalisis menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis SWOT dapat
meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan M
. Analisis SWOT membantu perusahaan untuk mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman digunakan untuk menyusun strategi yang tepat
dalam upaya meningkatkan volume penjualan, dari 78.965 kilogram menjadi
88.056 kilogram. Hasil dari analisis matrik IE menunjukan bahwa Perusahaan Mie
Soun Gelang Indah Cilacap berada pada sel V yaitu posisi strategi hold dan
mentain (mempetahankan dan pelihara). Strategi yang diterapkan adalah Market
penetration dan product development