Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Tujuan peneitian ini adalah (1) apakakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. (3) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013 / 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang diambil 75 siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas belajar tergolong cukup dengan prosentase 52%, media pembelajaran dinyatakan cukup dengan prosentase 65,34%, dan prestasi belajar tergolong rendah dengan prosentase 54,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,984 (F=1127,015; sig 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,969 yang berarti bahwa pengaruh penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 96,90% sedangkan 3,1% depengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 67,827+ 0,128X1 + 0,237X2. (2) variabel fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 3,705; sig 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 16%. (3) variabel media pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 6,611; sig. 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 37,80%.

Show simple item record

dc.contributor.author Mumpuni, Dyah
dc.date.accessioned 2018-02-14T01:35:12Z
dc.date.available 2018-02-14T01:35:12Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2558
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan analisis strategi SWOT dapat meningkatkan volume penjualan pada Per Indah Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dalam metode pengumpulan data ini penyusun menggunaka w dan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis SWOT dapat meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan M . Analisis SWOT membantu perusahaan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman digunakan untuk menyusun strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan volume penjualan, dari 78.965 kilogram menjadi 88.056 kilogram. Hasil dari analisis matrik IE menunjukan bahwa Perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap berada pada sel V yaitu posisi strategi hold dan mentain (mempetahankan dan pelihara). Strategi yang diterapkan adalah Market penetration dan product development en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Analisis SWOT, Volume Penjualan en_US
dc.title Tujuan peneitian ini adalah (1) apakakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. (3) apakah ada tujuan yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo tahun pelajaran 2013 / 2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Bruno Purworejo yang berjumlah 95 siswa. Sampel yang diambil 75 siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas belajar tergolong cukup dengan prosentase 52%, media pembelajaran dinyatakan cukup dengan prosentase 65,34%, dan prestasi belajar tergolong rendah dengan prosentase 54,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,984 (F=1127,015; sig 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,969 yang berarti bahwa pengaruh penggunaan fasilitas belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 96,90% sedangkan 3,1% depengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 67,827+ 0,128X1 + 0,237X2. (2) variabel fasilitas belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 3,705; sig 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 16%. (3) variabel media pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar t hitung = 6,611; sig. 0,000<0,05 dan pengaruhnya sebesar 37,80%. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account