Abstract:
Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan produk penilaian unjuk kerja berbasis hands on activity untuk
mengukur kreativitas dan tingkat ketercapaian penilaian unjuk kerja berbasis
hands on activity untuk mengukur kreativitas pada pembelajaran fisika siswa
SMA kelas X mengenai pokok bahasan alat optik. Sebagai subyek penelitian
adalah siswa kelas X-MIA 3 SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014
yang berjumlah 24 siswa.
Pengembangan penilaian unjuk kerja berbasis hands on activity untuk
mengukur kreativitasini menggunakan model penelitian R&D(Research and
Development), dengan tahapan menentukan potensi dan masalah,mengumpulkan
data dan informasi, mendesain produk, memvalidasi desainproduk, merevisi
desain produk, menguji coba terbatas produk dan merevisiproduk setelah uji coba
terbatas.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa penilaian unjuk kerja
berbasis hands on activity untuk mengukur kreativitas terdiri dari rubrik dan
lembar pengamatan yang valid, reliabel dan baik. Tingkat ketercapaian yang
diperoleh penilaian unjuk kerja berbasis hands on activity untuk mengukur
kreativitas siswa sebesar 77% dengan rerata 3,07. Berdasarkan hasil penelitian
tersebutdiperoleh bahwa penilaian unjuk kerja berbasis hands on activity untuk
mengukur kreativitas siswa yang dikembangkan termasuk dalam kategoribaik
serta dapat mengukur kreativitas siswa dalampembelajaran fisika SMA.