Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar baik secara
sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas
VIII SMP N 3 Wonosobo. Adapun hipotesis dari penelitian ini : “ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar baik
secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa
kelas VIII SMP N 3 Wonosobo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3
Wonosobo yang berjumlah 180 siswa, dengan menggunakan tabel Isaac dan
Michael dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel 119 siswa dengan
menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh yang positif
dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (r = 0,184,
thitung = 2,014 > ttabel =1,980, sig = 0,046). (2) adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (r = 0,227, thitung =
2,513 > ttabel =1,980, sig = 0,013). (3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan
antara lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar IPS (R = 0,293, uji F = 5,439 > Ftabel = 3,07, sig = 0,006).