dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan produk desain pembelajaran berbasis domain aplikasi sains guna
mengoptimalkan kemampuan domain aplikasi sains dan karakter siswa kelas X
mengenai pokok bahasan alat-alat optik.
Pengembangan desain pembelajaran ini menggunakan model R&D
(Research and Development), dengan tahapan menentukan potensi dan masalah,
mengumpulkan data dan informasi, mendesain produk, memvalidasi produk,
merevisi produk, menguji coba terbatas produk, dan merevisi produk setelah uji
coba terbatas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X SOS 2 SMA Negeri 1
Petanahan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, angket, dan wawancara. Analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan rata-rata dan jumlah total.
Berdasarkan hasil validasi, pengembangan desain pembelajaran berbasis
domain aplikasi sains layak digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan domain
aplikasi sains dan karakter siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan dengan skor
rerata total silabus 55 dengan kategori “sangat baik” dan rerata total untuk RPP 137
dengan kategori “baik”. Ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor
rerata sebesar 3.99 dikategori “sangat baik”. Hal ini juga diikuti oleh respon siswa
dengan skor 93,45 dengan kategori “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
desain pembelajaran yang telah dikembangkan mampu digunakan untuk
mengoptimalkan kemampuan domain aplikasi sains dan karakter siswa dengan skor
kemampuan domain aplikasi sains 49.23 dengan kategori “baik” dan ketercapaian
karakter siswa sebesar 35.8 dengan kategori “baik”. Dengan demikian desain
pembelajaran dapat digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan domain aplikasi
sains dan karakter siswa. |
en_US |