Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis
pada siswa SMA Negeri 1 Kutowinangun kelas X tahun pelajaran 2013/2014
dengan mengunakan model pembelajaran Kontruktivisme Berbasis Problem
Based Learning (PBL)
Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 1 Kutowinangun. Subyek penelitian adalah 32 siswa
dari kelas X MIA 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei tahun 2014 dengan
pokok bahasan alat optik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode angket, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model
Pembelajaran Kontruktivisme Berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini dilihat dari data hasil
kemampuan berpikir kritis siswa, diperoleh persentase pada pra siklus rata-rata
49%, pada siklus I 60%, dan pada siklus II 84%. Hasil tes kemampuan berpikir
kritis siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata 73, dan pada
siklus II 82. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran
Kontruktivisme Berbasis Problem Based Learning juga mengalami peningkatan
pada siklus I 80%, dan pada siklus II 86%.