dc.contributor.author |
Kurnia, Tyas Laras |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-14T01:45:48Z |
|
dc.date.available |
2018-02-14T01:45:48Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2567 |
|
dc.description.abstract |
Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui
ketercapaian dan kelayakan pengembangan laboratory work dengan science
process skills approach untuk mengoptimalkan hard skills siswa kelas X SMA
Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Purworejo
yang berjumlah 21 orang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model
R&D. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan angket.
Produk pengembangan dalam penelitian ini berupa panduan laboratory work
dengan science process skills approach. Berdasarkan hasil validasi yang
dilakukan oleh tiga validator dan kisi-kisi yang telah ditetapkan diketahui bahwa
panduan laboratory work layak digunakan dengan rerata skor 81,17 dalam
kategori layak. Kelayakan ini juga dapat ditunjukan berdasarkan hasil
keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dengan rerata skor masing-masing
4,09 dan 44,33 dalam kategori baik. Penggunaan panduan laboratory work
menunjukan bahwa hard skills siswa mampu mencapai optimal dengan rerata
24,03 dan termasuk kategori baik. Dengan demikian laboratory work dengan
secience process skills approach untuk mengoptimalkan hard skills siswa hasil
pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika materi optik. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Fisika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
laboratory work, science process skills approach, hard skills, R&D |
en_US |
dc.title |
Pengembangan Laboratory Work dengan Science Process Skills Approach untuk Mengoptimalkan Hard Skills pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |