Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH KINERJA GURU DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP N 39 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Sufyanto, M Fahmi
dc.date.accessioned 2018-02-14T01:57:44Z
dc.date.available 2018-02-14T01:57:44Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2579
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 39 Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 39 Purworejo (3) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara kinerja guru dan strategi pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP N 39 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 39 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 71 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa, ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling atau sample acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kinerja guru berada pada kategori cukup sebesar 55,20%, variabel strategi pembelajaran pada kategori tinggi sebesar 58,70% dan variabel prestasi belajar IPS berada pada kategori cukup sebesar 65,60%. Dan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel kinerja guru memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 10% (rx1y 0,317; sig. < 0,05) (2) variabel strategi pembelajaran memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 11,20%, (rx2y 0,335; sig. < 0,05) dan (3) variabel kinerja guru dan strategi pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS sebesar 16,50% (R 0,407; sig. < 0,05; F = 5,452) dan sisanya 83,50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 13,823 + 0,281 X1 + 0,265 X2 en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Kinerja Guru, Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH KINERJA GURU DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMP N 39 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account