Abstract:
Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian dan sumber belajar
terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun
Pelajaran 2012/2013 baik secara sendiri - sendiri maupun bersama - sama.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara kemandirian dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X1
SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2012/2013 baik secara sendirisendiri
maupun bersama- sama.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 siswa SMA
Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 60 siswa.
Berdasarkan tabel Krecjie sampel penelitian ini berjumlah 51 siswa, teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan analisis
dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriftif dan kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa presentasi tertinggi untuk
kemandirian pada kategori baik yaitu 39,22% , sumber belajar pada kategori
cukup yaitu 37,25%, dan prestasi belajar siswa dalam kategori baik yaitu 39,22%.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara kemandirian terhadap prestasi belajar siswa,( rx1y = 0,329 dengan sig 0,020
< 0,05; t : 2,415) dan besar pengaruhnya 10,80%; ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa,( rx2y = 0,570
dengan sig 0,000 < 0,05; t : 4,803) dan besar pengaruhnya 32,50%; dan ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan sumber belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dengan harga F =15,866
dan sig < 0,05 (0,000). Harga R2 = 0,398 sehingga besar pengaruhnya 39,80%.