Abstract:
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menguji
pengaruh corporate social responsibility terhadap purchase intention.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu individu yang berbelanja
di Matahari Armada Town Square Magelang dengan jumlah yang tidak diketahui
secara pasti. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode
accidental sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang
digunakan berupa analisis regresi.
Hasil analisis data diketahui bahwa nilai koefisien beta (β) corporate
social responsibility (X) sebesar 0,658 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p
value < 0,05). Mengacu pada hasil analisis regresi maka dapat ditentukan
persamaan garis regresi dalam penelitian ini adalah, Y = 0,658 X. Hal ini dapat
artikan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan
terhadap purchase intention, yaitu apabila corporate social responsibility
meningkat maka nilai purchase intention akan meningkat pula.