Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Facility Aesthetic,
Ambience dan Layout terhadap keputusan pembelian konsumen di Rumah
Makan Panda di Purworejo secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Rumah Makan
Panda di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan
sampel dimana sampel dipilih berdasarkan penilaian terhadap karakteristik
anggota sampel yang disesuaikan dengan maksud penelitian (Kuncoro,
2003). Adapun kriteria yang dipilih untuk menentukan sampel penelitian ini
adalah orang yang sudah pernah menjadi konsumen di Rumah Makan Panda
di Purworejo. Instrument pengumpulan data mcnggunakan kuesioner
dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalalah regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16
diketahui bahwa Facility Aesthetic secara signifikan berpengaruh secara
positif terhadap keputusan pembelian, Ambience secara signifikan
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Layout secara signifikan
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sehingga penelitian ini
memberikan hasil yang mendukung teori pengaruh physical surrounding
terhadap keputusan pembelian konsumen.