Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kualitas pada
keputusan pembelian helm INK di Purworejo, (2) pengaruh fitur pada keputusan
pembelian helm INK di Purworejo, (3) pengaruh desain pada keputusan
pembelian helm INK di Purworejo, (4) pengaruh harga pada keputusan pembelian
helm INK di Purworejo, (5) pengaruh merek pada keputusan pembelian helm INK
di Purworejo, (6) pengaruh dimensi atribut produk secara keseluruhan pada
keputusan pembelian helm INK di Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang telah membeli helm
INK di Purworejo. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan relaibilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan
analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi secara parsial diketahui bahwa nilai signifikansi:
kualitas (X1) sebesar 0,004, fitur (X2) sebesar 0,002, desain (X3) sebesar 0,000,
harga (X4) sebesar 0,002, merek (X5) sebesar 0,013, sedangkan secara simultan
nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan
bahwa kualitas, fitur, desain, harga dan merek secara simultan menunjukkan
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.