Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh green product, green
price, green place, dan green promotion secara parsial pada pilihan konsumen The
Body Shop dan Larissa Skin Care & Hair Treatment, 2) perbedaan pilihan
konsumen The Body Shop dan Larissa Skin Care & Hair Treatment ditinjau dari
konsep green marketing.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk The Body Shop dan
Larissa Skin Care & Hair Treatment di kota Yogyakarta dengan jumlah yang
tidak diketahui. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan adalah metode
convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan
analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi secara parsial diketahui bahwa nilai koefisien beta
green product sebesar 0,090 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045; nilai
koefisien beta green price sebesar 0,377 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;
nilai koefisien beta green place sebesar 0,341 dengan nilai signifikansi sebesar
0,000; dan nilai koefisien beta green promotion sebesar 0,366 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh green product,
green price, green place, dan green promotion secara parsial pada pilihan
konsumen The Body Shop dan Larissa Skin Care & Hair Treatment. Sedangkan,
hasil perbandingan koefisien beta setiap variabel bebas menunjukkan nilai
koefisien beta variabel green product The Body Shop sebesar 0,235 lebih tinggi
daripada Larissa Skin Care & Hair Treatment sebesar 0,123, nilai koefisien beta
variabel green price The Body Shop sebesar 0,232 lebih rendah daripada Larissa
Skin Care & Hair Treatment sebesar 0,325, nilai koefisien beta variabel green
place The Body Shop sebesar 0,326 lebih tinggi daripada Larissa Skin Care &
Hair Treatment sebesar 0,323, nilai koefisien beta variabel green promotion The
Body Shop sebesar 0,231 lebih rendah daripada Larissa Skin Care & Hair
Treatment sebesar 0,437. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pilihan
konsumen The Body Shop dan Larissa Skin Care & Hair Treatment ditinjau dari
konsep green marketing.