Abstract:
Belanja fashion saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup yang dapat
meningkatkan image dan prestige pelakunya. Menurut penelitian konsumen
fashion Indonesia termasuk konsumen yang “mabuk belanja” sehingga hedonic
shopping motivation sangat layak untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji Adventure shopping (X1), Social shopping (X2), Gratification shopping
(X3), Idea shopping (X4), Role shopping (X5), dan Value shopping (X6) terhadap
Store Loyalty di Matahari Department Store Armada Town Square Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung di Matahari
Department Store Armada Town Square Magelang. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel
sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi
syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi
linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui
bahwa Adventure shopping (X1) secara signifikan berpengaruh positif terhadap
store loyalty dengan (pvalue) = 0.002 < α (0,05). Social shopping (X2), secara
signifikan berpengaruh positif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0,048 < α
(0,05), Gratification shopping (X3) secara signifikan berpengaruh positif terhadap
store loyalty dengan (pvalue) = 0.030 < α (0,05), Idea shopping (X4) secara
signifikan berpengaruh positif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0.011 < α
(0,05), Role shopping (X5) secara signifikan berpengaruh positif terhadap store
loyalty dengan (pvalue) = 0.019 < α (0,05), dan Value shopping (X6) secara
signifikan berpengaruh positif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0.012 < α
(0,05). Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori bahwa
hedonic shopping motivation berpengaruh terhadap store loyalty.