Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi kelas
X.7 SMA Negeri 1 Purworejo.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara
peneliti, guru dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
X.7 SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa observasi dan angket sederhana.
Prosedur penelitian meliputi tahap : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan,
(c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatkan
motivasi belajar siswa sebesar 10,54% (siklus I sebesar 79,92% dan siklus II sebesar
90,46%), peningkatan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
sebesar 11,8% (siklus I sebesar 78,6% dan siklus II sebesar 90,4%), peningkatan keaktifan
siswa dalam pembelajaran sebesar 19,36% ( siklus I sebesar 75,01% dan siklus II sebesar
93,10%).