Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh dimensi inovasi
terhadap kepercayaan merek, 2) pengaruh dimensi desain terhadap kepercayaan
merek, 3) pengaruh dimensi prestise terhadap kepercayaan merek, 4) pengaruh
dimensi kehandalan terhadap kepercayaan merek, 5) pengaruh dimensi-dimensi
dalam reputasi negara asal secara simultan terhadap kepercayaan merek.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna smartphone
BlackBerry di Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan dan telah
memenuhi syarat validitas dan relaibilitas, sedangkan untuk analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi secara parsial diketahui bahwa 1) p value dimensi
inovasi sebesar 0,000 dengan nilai koefisien regresi (β) sebesar 0,421, artinya ada
pengaruh positif dan signifikan antara dimensi inovasi terhadap kepercayaan
merek 2) p value dimensi desain sebesar 0,049 dengan nilai koefisien regresi (β)
sebesar 0,089, artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara dimensi desain
terhadap kepercayaan merek, 3) dimensi prestise sebesar 0,019 dengan nilai
koefisien regresi (β) sebesar 0,186, artinya ada pengaruh positif dan signifikan
antara dimensi prestise terhadap kepercayaan merek, 4) p value dimensi
kehandalan sebesar 0,000 dengan nilai koefisien regresi (β) sebesar 0,355, artinya
ada pengaruh positif dan signifikan antara dimensi kehandalan terhadap
kepercayaan merek, 5) nilai F sebesar 43,910 dengan p value sebesar 0,000,
artinya ada pengaruh positif dan signifikan dimensi-dimensi dalam reputasi negara
asal secara simultan terhadap kepercayaan merek. Sumbangan dimensi-dimensi
dalam reputasi negara asal secara simultan terhadap kepercayaan merek sebesar
0,591 atau sebesar 59,1%.