Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatann
keaktifan serta hasil belajar siswa melalui cooperatif learning jigsaw pada mata
pelajaran IPS kelas VIII SMP N 1 Puring Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali
pertemuan, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi,
dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Puring. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII A tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2013. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Metode observasi
digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada proses pembelajaran,
sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan metode belajar jigsaw. Analisis data menggunakan teknik deskriptif.
Hasil dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa melalui cooperative learning
jigsaw dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Data awal menunjukan
jumlah persentase keaktifan belajar siswa pada kegiatan pra siklus sebesar 60,00%,
jumlah tersebut dinilai masih kurang untuk memenuhi indikator keberhasilan. Pada
siklus I, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 73,125%, dan pada siklus II
meningkat lagi menjadi 93,125%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.
Data awal yang diperoleh menunjukan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diadakan
penelitian adalah 73,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,375%. Pada siklus I dan
siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu pada siklus I rata-rata
meningkat menjadi 76,56 dengan ketuntasan belajar sebesar 71,875%, sedangkan pada
siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,94 dengan ketuntasan
belajar sebesar 87,50%.