Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING KABUPATEN KEBUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Sari
dc.date.accessioned 2018-02-14T02:33:32Z
dc.date.available 2018-02-14T02:33:32Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2598
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatann keaktifan serta hasil belajar siswa melalui cooperatif learning jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 1 Puring Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Puring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada proses pembelajaran, sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode belajar jigsaw. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa melalui cooperative learning jigsaw dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Data awal menunjukan jumlah persentase keaktifan belajar siswa pada kegiatan pra siklus sebesar 60,00%, jumlah tersebut dinilai masih kurang untuk memenuhi indikator keberhasilan. Pada siklus I, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 73,125%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,125%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Data awal yang diperoleh menunjukan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian adalah 73,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,375%. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 76,56 dengan ketuntasan belajar sebesar 71,875%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,94 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,50%. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Keaktifan, Cooperative Learning Jigsaw en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING KABUPATEN KEBUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account