Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh 1) bauran pemasaran jasa
secara langsung terhadap loyalitas, 2) bauran pemasaran jasa secara langsung
terhadap kepuasan, 3) kepuasan secara langsung terhadap loyalitas, 4) bauran
pemasaran jasa terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Natasha Skin Clinic
Center Cabang Magelang. Mengingat tidak diketahuinya jumlah populasi
konsumen Natasha Skin Clinic Center Cabang Magelang, maka pengambilan
sampel responden penelitian akan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
penelitian menggunakan kuesioner yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa
analisis regresi yang berjenjang.
Hasil analisis regresi diketahui 1) nilai koefisien regresi langkah 1 sebesar
0,073, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003, 2) nilai koefisien regresi langkah 2
sebesar 0,200, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 3) nilai koefisien regresi
langkah 3 sebesar 0,148, dengan nilai signifikansi sebesar 0,015, 4) nilai koefisien
regresi (β) pengaruh langsung X terhadap Y (C) yang semula sebesar 0,073
berkurang pada pengaruh X terhadap Y pada regresi berganda dengan
memasukkan Z pada model regresi (C’) menjadi 0,043, nilai signifikansi C yang
pada awalnya signifikan menjadi tidak signifikan pada C’. Berdasarkan hal
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan pada
penelitian ini dapat diterima, dan kepuasan pelanggan terbukti menjadi variabel
mediasi penuh (complete mediation) dalam pengaruh bauran pemasaran jasa
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.