Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Sunarti
dc.date.accessioned 2018-02-14T02:37:14Z
dc.date.available 2018-02-14T02:37:14Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2600
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (3) ada tidaknya pengaruh intelegensi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo berjumlah 95 siswa berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 1%, 5%, 10% yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan taraf kesalahan 5% adalah 75 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 16.0 For Windows. Hasil analisis deskriptif, menunjukkan bahwa intelegensi pada kategori di atas rata-rata (cerdas) yakni sebesar 57,33%, motivasi belajar siswa termasuk pada kategori cukup sebesar 66,67%, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori baik sebesar 56,00%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel intelegensi secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 15,52% (rx1y = 0,394 ; sig <0,05 ; thitung =3,640 > ttabel = 1,980). (2) variabel motivasi belajar siswa secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 10,69% (rx2y = 0,327 ; sig <0,05 ; thitung = 2,932 > ttabel = 1,980). Hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi (R) =0,487 dengan Fhitung =11,171 > Ftabel = 0,227 ; sig 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (R2) =0,237. Besarnya pengaruh intelegensi dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,70%, sedangkan sisanya yaitu 76,30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Persamaan regresi Y = 31,144 + 0.378 X1 + 0,134 X2. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Intelegensi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa. en_US
dc.title PENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account