Abstract:
Untuk menghadapi persaingan yang semakin meningkat, perusahaan perlu
membuat dan menetapkan strategi-strategi yang tepat dengan tujuan untuk menghadapi
persaingan, meraih laba, dan melanjutkan kegiatan usaha perusahaan. Tujuan tersebut
diwujudkan dengan melakukan pengembangan yang berkelanjutan terhadap strategistrategi
pemasarannya, khususnya dalam strategi bersaing yang berhubungan dengan
bauran pemasaran. Kelompok referensi juga sangat dibutuhkan dalam pemasaran.
Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering
dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku. Anggota kelompok referensi
sering menjadi penyebar pengaruh dalam hal selera, sehingga sangat penting bagi
perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis: 1) apakah produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 2) apakah
harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3) apakah promosi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian, 4) apakah distribusi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, 5) apakah produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 6) apakah kelompok referensi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan
metode Accidental Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang.
Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut
diketahui bahwa variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
dilihat dari koefisien regresi 0,230 dengan taraf signifikan 0,007. Harga berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,210 dengan taraf
signifikan 0,013. Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari
koefisien regresi 0,029 dengan taraf tidak signifikan 0,724. Distribusi berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,166 dengan taraf signifikan
0,048. Kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari
koefisien regresi 0,444 dengan taraf signifikan 0,000. Uji Simultan digunakan untuk
mengetahui pengaruh simultan atau bersama-sama variabel produk, harga, promosi, dan
distribusi terhadap keputusan pembelian yang diketahui memiliki nilai 5,109 dengan taraf
signifikan 0,001. Adjusted R Square untuk mengetahui besarnya persentase variabel
independen (produk, harga, promosi, dan distribusi) terhadap keputusan pembelian
dengan hasil 0,142 yang berarti 14,2% dari keputusan pembelian dipengaruhi oleh
produk, harga, promosi, dan distribusi.