Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Handphone BlackBerry

Show simple item record

dc.contributor.author Robaniyati
dc.date.accessioned 2018-02-14T02:37:23Z
dc.date.available 2018-02-14T02:37:23Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2601
dc.description.abstract Untuk menghadapi persaingan yang semakin meningkat, perusahaan perlu membuat dan menetapkan strategi-strategi yang tepat dengan tujuan untuk menghadapi persaingan, meraih laba, dan melanjutkan kegiatan usaha perusahaan. Tujuan tersebut diwujudkan dengan melakukan pengembangan yang berkelanjutan terhadap strategistrategi pemasarannya, khususnya dalam strategi bersaing yang berhubungan dengan bauran pemasaran. Kelompok referensi juga sangat dibutuhkan dalam pemasaran. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku. Anggota kelompok referensi sering menjadi penyebar pengaruh dalam hal selera, sehingga sangat penting bagi perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) apakah produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 2) apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 3) apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 4) apakah distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 5) apakah produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, 6) apakah kelompok referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut diketahui bahwa variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,230 dengan taraf signifikan 0,007. Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,210 dengan taraf signifikan 0,013. Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,029 dengan taraf tidak signifikan 0,724. Distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,166 dengan taraf signifikan 0,048. Kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari koefisien regresi 0,444 dengan taraf signifikan 0,000. Uji Simultan digunakan untuk mengetahui pengaruh simultan atau bersama-sama variabel produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian yang diketahui memiliki nilai 5,109 dengan taraf signifikan 0,001. Adjusted R Square untuk mengetahui besarnya persentase variabel independen (produk, harga, promosi, dan distribusi) terhadap keputusan pembelian dengan hasil 0,142 yang berarti 14,2% dari keputusan pembelian dipengaruhi oleh produk, harga, promosi, dan distribusi. en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject produk, harga, promosi, distribusi, kelompok referensi, keputusan pembelian en_US
dc.title Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Handphone BlackBerry en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account