Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: 1) corporate social
responsibility terhadap corporate image, 2) corporate social responsibility
terhadap persepsi konsumen, 3) persepsi konsumen terhadap corporate image, 4)
corporate social responsibility terhadap corporate image dengan persepsi
konsumen sebagai variabel mediasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Armada
Town Square Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis regresi berjenjang
yang terdiri dari, persamaan garis regresi dan uji t (t test).
Hasil analisis data diketahui bahwa 1) langkah 1 (X → Z) nilai koefisien
regresi corporate social responsibility sebesar 0,841 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 artinya corporate social responsibility berpengaruh positif dan
signifikan terhadap corporate image, 2) langkah 2 (X → Z) nilai koefisien regresi
corporate social responsibility sebesar 0,776 dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 artinya corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan
terhadap persepsi konsumen, 3) langkah 3 (X dan Z → Y) nilai koefisien regresi
persepsi konsumen sebesar 0,259 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya
persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image,
4) langkah 4 (menentukan jenis variabel mediasi), nilai koefisien regresi
corporate social responsibility terhadap corporate image tanpa persepsi
konsumen (C) sebesar 0,841 mengalami penurunan menjadi 0,640 pada corporate
social responsibility terhadap corporate image dengan persepsi konsumen sebagai
variabel mediasi (C’), tetapi nilai p value C tetap signifikan (0,000) pada C’,
artinya corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap corporate
image dengan persepsi konsumen sebagai variabel mediasi sebagian (partial
mediation).