Abstract:
Kepercayaan merek (brand trust) adalah harapan kehandalan merek, karena itu kepercayaan merek merefleksikan dua hal yaitu brand realibility dan brand intentions. Merek yang kompeten adalah suatu merek yang mempunyai keahlian untuk memecahkan masalah yang dimiliki oleh konsumen dan mencukupi kebutuhan yang di perlukan konsumen tersebut. Sehingga memotivasi konsumen untuk membeli suatu produk. Motivasi atau kebutuhan merupakan tekanan yang secara alamiah akan mendorong konsumen mencari jalan keluar untuk meringankan tekanan tersebut. Tekanan yang muncul ketika konsumen menilai suatu sebagai hal yang negatif maka yang timbul adalah threats emotions atau perasaan terancam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh positif variabel brand trust terhadap keputusan pembelian Sabun Lifebuoy di Purworejo, 2) pengaruh positif variabel threat emotions terhadap keputusan pembelian SabunnLifebuoy di Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan Sabun Lifebuoy di Purworejo, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh tersebut adalah regresi linear berganda. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Sabun Lifebuoy di Purworejo dengan taraf signifikansi p value 0,002. Threat emotions berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sabun Lifebuoy di Purworejo dengan taraf signifikansi p value 0,001