Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ketidakpuasan
konsumen, harga produk dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek
pengguna produk pasta gigi di Kota Purworejo. Populasi dalam penelitian ini
seluruh pengguna produk pasta gigi di Kota Purworejo. Untuk sampel dalam
penelitian ini sebesar 100 responden penggunaan pasta gigi di Kota Purworejo.
Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Pengujian validitas dilakukan dengan Confirmatory Faktor Analysis (
CFA), pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan pengujian
hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel
ketidakpuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan
perpindahan merek produk pasta gigi dengan taraf signifikansi PValue0,004 (<
0,05) dengan pengaruh sebesar 0,238. Harga Produk berpengaruh positif dan
signifikan pada keputusan perpindahan merek produk pasta gigi dengan taraf
signifikansi PValue0,000 (<0,05) dengan pengaruh sebesar 0,366. Iklan
berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan perpindahan merek produk
pasta gigi dengan taraf signifikansi PValue0,000 (< 0,05) dengan pengaruh sebesar
0,320.