Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perubahan pola hidup masyarakat
yang cenderung kurang memperhatikan kesehatan, sehingga menyebabkan
berkembangnya penyakit yang mendorong masyarakat untuk mencari alternatif
pengobatan yang efektif dan efisien dalam hal biaya. Berkaitan dengan hal
tersebut pengobatan sendiri (self medication) menjadi alternatif yang diambil oleh
masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kredibilitas
perusahaan terhadap perilaku pembelian, (2) kredibilitas Endorser terhadap
perilaku pembelian, dan (3) Kesdaran Merek, terhadap Perilaku Pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah
mengkonsumsi obat maag Promag di Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria konsumen
pernah mengkonsumsi obat maag Promag dan berdomisili di kabupaten
Purworejo dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Instrumen menggunakan kuesioner dengan skala likert dan telah diuji cobakan
dengan product moment dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda.
Hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan dengan program SPSS
menunjukan bahwa : (1) Variabel kredibilitas perusahaan berpengaruh positif
terhadap variabel perilaku pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0.224 dengan
tingkat signifikan 0,000 (<0,05); (2) Variabel kredibilitas endorser berpengaruh
positif terhadap variabel perilaku pembelian dengan koefisien sebesar 0,207
dengan tingkat signifikan 0,004 (<0,05); (3) Variabel kesadaran merek
berpengaruh positif terhadap variabel perilaku pembelian dengan nilai koefisien
sebesar 0,585 dengan tingkat signifikan 0,000 (<0,05).
selanjutnya dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama, kedua, dan ketiga,
didukung oleh hasil penelitian ini.