Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi celebrity
endorser yang berupa visibility, credibility, attraction dan power baik secara
parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sepatu
Adidas “adizero F50”.
Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen sepatu Adidas “adizero F50”
di kota Purworejo dengan jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti
karena tidak adanya data statistik mengenai seberapa banyak pengguna sepatu
Adidas di kota Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner tertutup dengan
kalimat positif yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
relaibilitas. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi
berganda dengan uji t (t-test) dan uji F (F-test)
Hasil analisis diketahui bahwa 1) nilai koefisien beta (β) visibility (X1)
sebesar 0,166 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, 2) nilai koefisien beta (β)
credibility (X2) sebesar 0,356 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 3) nilai
koefisien beta (β) attraction (X3) sebesar 0,212 dengan nilai signifikansi sebesar
0,003, 4) nilai koefisien beta (β) power (X4) sebesar 0,228 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,002, 5) nilai F sebesar 67,921 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000. Semua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan.