Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan perpustakaan sekolah baik secara individual maupun bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun 2012/2013.
Populasi penelitian berjumlah 239 siswa dengan sampel 142 siswa berdasarkan tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI tergolong amat baik 21,83%, baik 53,52%, cukup 24,65%, dan kurang 0%. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan: (1) hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa sebesar 0,748 (nilai t = 13,303; sig = 0,000), (2) hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa sebesar 0,421 (nilai t = 5,470; sig = 0,000). Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa sebesar 0,962 (nilai F = 852,548; sig = 0,000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun 2012/2013 termasuk kategori baik. Terdapat hubungan yang berarti, baik secara individual maupun bersama-sama antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo tahun 2012/2013.