Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menguji pengaruh positif pada
variabel kepercayaan terhadap loyalitas nasabah PT. NSC Finance, 2) untuk
menguji pengaruh positif pada variabel komitmen terhadap loyalitas nasabah PT.
NSC, 3) untuk menguji pengaruh positif pada variabel komunikasi terhadap
loyalitas nasabah PT. NSC, 4) untuk menguji pengaruh positif pada variabel
penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah PT. NSC.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. NSC Finance yang
melakukan pinjaman dana tunai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang telah memenuhi syarat validitas
dan reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis data diketahui bahwa nilai koefisien regresi 1) nilai koefisien
kepercayaan (X1) sebesar 0,202 dengan nilai signifikansi sebesar 0,031, 2) nilai
koefisien komitmen (X2) sebesar 0,264 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003, 3)
nilai koefisien komunikasi (X3) sebesar 0,178 dengan nilai signifikansi sebesar
0,026, 4) nilai koefisien penanganan keluhan (X4) sebesar 0,228 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,008.