Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji biaya perpindahan berpengaruh
positif terhadap customer retention, 2) menguji hubungan interpersonal
berpengaruh positif terhadap customer retention, 3) menguji daya pikat alternatif
berpengaruh positif terhadap customer retention, 4) menguji biaya perpindahan,
hubungan interpersonal dan daya pikat alternatif berpengaruh positif secara
simultan terhadap customer retention.
Populasi dalam penelitian itu adalah nasabah Bank BCA Cabang Kutoarjo
di Kecamatan Kutoarjo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan
metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 120 responden. Metode
analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan adalah
data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Uji instrumen yang
digunakan adalah product moment dan cronbach alpha untuk menguji validitas
dan uji reliabilitas, menunjukkan bahwa kesemua item valid dan reliabel. Analisis
data mengguanakan uji regresi berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) p value variabel biaya
perpindahan sebesar 0,006 dengan nilai koefisien regresi (b) perpindahan sebesar
0,426, 2) p value variabel hubungan interpersonal sebesar 0,050 dengan nilai
koefisien regresi (b) hubungan interpersonal sebesar 0,130, 3) value dimensi
prestise sebesar 0,047 dengan nilai koefisien regresi (b) variabel daya pikat
alternatif sebesar 0,309, 4) nilai F sebesar 40,689 dengan p value sebesar 0,000.