Abstract:
Pada saat ini persaingan diantara perusahaan kartu seluler sangat tidak
terelakkan. Persaingan yang sangat ketat memaksa setiap perusahaan agar dapat
menerapkan strategi pemasaran yang baik dan berorientasi kepada konsumen
sehingga mampu memenangkan pasar. Word of mouth atau komunikasi dari mulut
ke mulut dianggap cukup efektif dalam mempengaruhi calon konsumen. Word of
mouth lebih memiliki keunggulan kompetitif dan kemudahan dalam
menyampaikan informasi. Peran konsumen sebagai pemasar yaitu dengan
memberitahukan informasi tentang kelebihan serta keuntungan menggunakan
Kartu Seluler Prabayar IM3 kepada orang lain sesuai dengan pengalaman yang
telah diterimanya. Komunikasi dari mulut ke mulut dengan intensitas yang sering
maka akan semakin banyak informasi yang diterima oleh calon konsumen dan
dengan melihat siapa yang menyampaikan informasi tersebut maka akan dapat
menimbulkan minat untuk menggunakan Kartu Seluler Prabayar IM3.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Word of Mouth
Communication terhadap Minat Beli Konsumen Kartu Seluler Prabayar IM3.
Obyek penelitian ini adalah Kartu Seluler Prabayar IM3. Populasi penelitian ini
adalah semua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan
Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing
sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa dimensi word of
mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Kartu
Seluler Prabayar IM3. Volume berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,265
dan signifikan (p value 0,001). Dispersion berpengaruh positif dengan nilai b
sebesar 0,603 dan signifikan (p value 0,000). Dari hasil tersebut dapat diketahui
variabel yang lebih besar mempengaruhi minat beli adalah dispersion.