Abstract:
Persaingan yang kompetitif di industri telekomunikasi (telepon genggam)
membuat perusahaan harus dapat menentukan strategi yang tepat demi
keberlangsungan perusahaan yaitu dengan dapat memasarkan produknya sesuai
dengan keinginan dan harapan konsumen. Banyak faktor-faktor yang menjadi
pertimbangan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian ulang sebuah
produk. Diantaranya adalah citra merek, kualitas produk dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek, kualitas
produk dan harga terhadap keputusan pembelian ulang handphone Samsung
Android di Magelang. Objek penelitian ini adalah handphone Samsung Android.
Populasi penelitian ini adalah semua konsumen penggunaan handphone Samsung
Android. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu dengan metode Judgement
Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala
Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa citra merek,
kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian ulang. Citra merek berpengaruh positif dengan
nilai b sebesar 0,212 dan signifikan (p value 0,003). Kualitas produk berpengaruh
positif dengan nilai b sebesar 0,408 dan signifikan (p value 0,000). Harga berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,280 dan signifikan (p value 0,001). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang.