Abstract:
Pada saat ini persaingan industri tekstil tumbuh begitu pesat, salah satunya
adalah persaingan dalam produk sepatu olahraga. Untuk meraih pasar potensial ini,
peran pemasaran bagi perusahaan sangatlah penting. Salah satu strategi pemasaran
yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan asset perusahaan yaitu merek
(brand). Merek adalah sesuatu yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahan
yang menjadi komponen sangat penting sebab denagn merek konsumen dapat
mengidentifikasikan dan membedakan produk yang dihasilkan perusahaan dengan
produk kompetitor. Dimensi dari Brand equity adalah brand loyalty dan perceived
quality.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand loyalty dan
perceived quality terhadap keputusan pembelian ulang. Objek penelitian ini adalah
sepatu olahraga merek Adidas. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen di
kota Purworejo yang menggunakan sepatu olahraga merek Adidas. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Nonprobability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing
sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brand
loyalty dan perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian ulang sepatu olahraga merek Adidas. Brand loyaltyberpengaruh positif
dengan nilai b sebesar 0,400 dan signifikan (Pvalue0,000). Perceived quality
berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,334 dan signifikan (Pvalue0,001). Dari
hasil tersebut dapat diketahui bahwa kedua variabel mempunyai pengaruh yang
positif terhadap keputusan pembelian ulang.