Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation Nasabah Bank Syariah di Kebumen

Show simple item record

dc.contributor.author Setiani, Mares
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:07:43Z
dc.date.available 2018-02-14T03:07:43Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2633
dc.description.abstract Munculnya bank syariah yang hanya fokus pada perbankan syariah ataupun bank konvensional yang membuka unit syariah membuat persaingan semakin ketat. Persaingan tersebut menuntut bank untuk mampu mempertahankan nasabahnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan bank adalah dengan menerapkan strategi pendekatan yang mampu membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan (relationship marketing) agar dapat meningkatkan customer retention orientation. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh relationship marketing terhadap customer retention orientation pada praktik perbankan syariah di Kebumen. Relationship marketing terdiri dari beberapa dimensi seperti belonging, communication, customization, differentiation, personalization, rewarding dan security and convenience. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah bank Syariah di Kebumen. Sampel penelitian ini diambil dari 100 orang nasabah dari Bank Syariah di Kebumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa relationship marketing mempunyai pengaruh terhadap customer retention orientation bank syariah di Kebumen. Belonging berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,233 dan signifikan (P value 0,002). Communication berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,231 dan signifikan (P value 0,003). Customization berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,187 dan signifikan (P value 0,011). Differentiation berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,203 dan signifikan (P value 0,003). Personalization berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,234 dan signifikan (P value 0,002). Rewarding tidak berpengaruh signifikan dengan nilai b sebesar 0,009 dan tidak signifikan (P value 0,891). Security and convenience berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,225 dan signifikan (P value 0,001). en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject Relationship Marketing dan Customer Retention Orientation en_US
dc.title Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation Nasabah Bank Syariah di Kebumen en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account