Abstract:
ini adalah (1) apakakah ada hubungan yang positif dan
signifikan antara Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1
Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada hubungan yang
positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK terhadap prestasi belajar pada mata
pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen tahun pelajaran
2013/2014. (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan
Belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1
Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 8 di SMP N 1
Poncowarno Kebumen yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil 142 siswa
dengan tekhnik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data
menggunakan angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa Penggunaan IPTEK
yang tergolong rendah persentasenya 52%, Lingkungan Belajar yang tergolong
rendah persentasenya 82,60%, dan prestasi belajar yang tergolong rendah
persentasenya 42,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada hubungan
positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,976 (F=1382,530; sig <0,05)
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,952 yang berarti bahwa Penggunaan IPTEK dan
Lingkungan Belajar secara bersama-sama memberikan hubungan sebesar 95,20%
sedangkan 4,80% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y=
32,679 + 0,952X1 + 1,368X2 ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara
Penggunaan IPTEK terhadap prestasi belajar rx1y = 0,280; t hitung = 3,436; sig <0,05
sumbang efektifitasya = 7,84% ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara
Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar rx2y = 0,709; t hitung = 11,866 ; sig
<0,05 sumbang efektifitasya = 50,27% .