Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

HUBUNGAN PENGGUNAAN IPTEK DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP N 1 PONCOWARNO KEBUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Nugroho, Arief
dc.date.accessioned 2018-02-14T03:17:53Z
dc.date.available 2018-02-14T03:17:53Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2645
dc.description.abstract ini adalah (1) apakakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas 8 di SMP N 1 Poncowarno Kebumen yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil 142 siswa dengan tekhnik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa Penggunaan IPTEK yang tergolong rendah persentasenya 52%, Lingkungan Belajar yang tergolong rendah persentasenya 82,60%, dan prestasi belajar yang tergolong rendah persentasenya 42,70%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,976 (F=1382,530; sig <0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,952 yang berarti bahwa Penggunaan IPTEK dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama memberikan hubungan sebesar 95,20% sedangkan 4,80% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 32,679 + 0,952X1 + 1,368X2 ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan IPTEK terhadap prestasi belajar rx1y = 0,280; t hitung = 3,436; sig <0,05 sumbang efektifitasya = 7,84% ; ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar rx2y = 0,709; t hitung = 11,866 ; sig <0,05 sumbang efektifitasya = 50,27% . en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Penggunaan IPTEK, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN PENGGUNAAN IPTEK DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP N 1 PONCOWARNO KEBUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account