Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar
antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching dengan
prestasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS MAN Purworejo tahun
pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik simple random sampling, diambil dua kelas sebagai sampel
penelitian dan satu kelas sebagai instrumen. Pengumpulan data diperoleh dengan metode
dokumentasi dan tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian.
Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan
instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya
pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi
perlakuan. Data analisis menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua variansi, dan uji
hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan uji beda dua rata-rata (uji pihak kanan) dengan n1 = 32, n2 = 32, taraf
signifikansi 5% dan DK = 62 diperoleh thitung = 2.643 > ttabel = 1.6698. Sedangkan dengan
melihat nilai rata-rata dari kedua kelompok dimana rata-rata kelas eksperimen = 74.58
dan rata-rata kelas kontrol = 67.08, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:metode
pembelajaran reciprocal teaching memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada
metode pembelajaran konvensional.