Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Pengaruh
Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA
Muhammadiyah Purworejo. 2) Ada tidaknya Status Sosial Ekonomi Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo. 3) Ada
tidaknya Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua
secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA
Muhammadiyah Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 136 siswa diambil
sampel 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan
metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
berada pada kategori cukup 45,26% sebanyak 45 siswa, bimbingan orang tua
berada pada kategori 58,95% sebanyak 56 siswa dan status sosial ekonomi orang
tua siswa berada pada kategori cukup sebesar 47,36% sebanyak 45 siswa.
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar
15,37%(r = 0,392; sig 0,000<0,05; dan r2=0,153664), ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa
sebesar 9,55%(r = 0,309; sig 0,004<0,05; dan r2=0,095481). Hasil analisis regresi
ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,566 (Fhitung sebesar 19,052 dengan
sig 0,000 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320. Ini menunjukan
ada pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan status
sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,0% hal ini berarti
68,0% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan koefisien regresi Y =
44,590 + 0,379 X1 + 0,301 X2